Kamis, 20 November 2008

Bulu Babi

Pada tahun 1999, saya bersama dua orang rekan menulis sebuah artikel ilmiah tentang Bulu babi. Ini memang hanya persoalan nama, tetapi cukup banyak audiens yang memandang sebelah mata pada artikel yang kami tulis. Padahal sebenarnya Bulu babi yang kami maksud adalah jenis landak laut yang berduri lebih tajam dan kaku.

Pada masyarakat di daerah pantai karang, Bulu babi biasanya dijadikan sebagai bahan makanan, yahh menurut orang-orang yang pernah menikmatinya, konon kelezatannya dapat menyamai ikan bakar. Nah artikel ilmiah kami menuliskan tentang asupan protein yang dikandung spesies ini.

Dua tahun berselang setelah publikasi, kami mendapati bahwa nama ilmiah Bulu babi bukanlah seperti yang kami publikasikan. Waktu itu kami menulis Arbacia punctulata sebagai nama ilmiah Bulu babi. Padahal nama itu adalah nama ilmiah dari landak laut. Maka kepada teman-teman, kami menyampaikan bahwa sebenarnya nama ilmiah Bulu babi adalah Centelocentrotus sp.

Berikut adalah hierarki taksa Landak Laut (Arbacia punctulata):

Regnum : Animalia

Phylum : Echinodermata

Classis : Echinoidea

Genus : Arbacia

Spesies : Arbacia punctulata

(Sumber: Engemann)

Maaf yaa ini aja, karena kami tidak punya gambar Bulu babi, sehingga tidak ada pembandingnya.

Buat teman-teman yang berdomisili di daerah pantai karang, kedua spesies ini banyak dijumpai di sana. Silahkan dibandingkan, morfologi dan cita rasanya.


Tidak ada komentar: