Rabu, 23 Juli 2008

Soko Guru Islam

Ikhwan Akhwat Rahimakumullah, pelajaran kita akan berlanjut pada hadits ke-3 dari kitab Arba’in An Nawawi. Hadits ini merupakan penjelasan tentang pondasi yang menyokong Islam. Berikut adalah terjemahan dari matan hadits tersebut;

Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhuma telah berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Islam dibangun di atas lima dasar: (1) bersaksi bahwa tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) mengerjakan haji ke Baitullah, dan (5) puasa pada bulan Ramadhan.” Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

  1. Biografi Perawi Hadits

Hadits ini merupakan hadits pertama yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dalam kitab hadits ini. Hal ini dicirikan dengan penulisan lengkap nama perawi pada hadits di atas.

Nama lengkap beliau adalah Abdur Rahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Al Quraisy Al Adawy. Lahir 10 tahun sebelum hijrah, lebih muda 11 tahun dari Abu Hurairah. Beliau banyak mengikuti peperangan bersama Rasulullah. Pada perang Uhud, beliau tidak diizinkan ikut serta oleh Rasulullah karena usianya yang masih sangat belia. Beliau merupakan tokoh kedua setelah Abu Hurairah dalam periwayatan hadits. Jumlah hadits yang beliau riwayatkan sebanyak 2630 hadits. Beliau wafat pada 73 H, saat banyak terjadi fitnah di tengah umat, di antaranya perang Jamal dan Shiffin, namun beliau lebih banyak menjauhi fitnah tersebut.

Beberapa keutamaan Abdullah bin Umar, beliau adalah seorang yang rajin beribadah sejak kecil, termasuk 7 shahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits, beliau juga sangat bersemangat dalam melaksanakan sunnah Rasulullah sampai pada perbuatan Rasulullah yang tidak diketahui maknanya.

  1. Pelajaran Hadits

  1. Hadits ini disebutkan kembali oleh Imam Nawawi Rahimahullah, sekalipun telah disebut pada hadits ke-2. Hadits ini menegaskan bahwa kelima hal tersebut merupakan soko guru bangunan Islam.

  2. Bahwa Islam adalah sebuah bangunan dan ke-5 rukunnya adalah tiang-tiangnya. Rukun I, persaksian kepada Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Rukun II, menegakkan shalat dengan sebenar-benarnya. Rukun III, mengeluarkan zakat, untuk mensucikan harta. Rukun IV, mengerjakan haji ke Baitullah bagi yang mampu. Rukun V, berpuasa pada bulan Ramadhan. Jika kelima rukun Islam tersebut mampu dipenuhi, maka sempurnalah bangunan Islam pada diri seorang muslim.

Wallalu a’lam

Tidak ada komentar: